Tunggu, sedang memuat. . .

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Monday, January 9th, 2017 - Tiket Wisata

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Dalam sejarahnya, Palembang yang pernah menjadi ibu kota kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara pada saat itu, Kerajaan Sriwijaya, yang mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke-9 juga membuat kota ini dikenal dengan julukan “Bumi Sriwijaya”. Berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditafsirkan bahwa kota Palembang sebagai kota tertua di Indonesia. Di dunia Barat, kota Palembang juga dijuluki Venice of the East (“Venesia dari Timur”).

Di Indonesia sendiri, jika mendengar nama kota Palembang pasti tidak jauh jauh dari makanan khasnya yaitu Pempek. Selain memiliki makanan khas yang telah terkenal, Palembang juga memiliki banyak sekali destinadi wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti Sungai Musi, Benteng Kuto Besak, Jembatan Ampera, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Kawah Tengkurep dan masih banyak lagi.

Pada kesempatan kali ini Admin ingin memberikan informasi mengenai salah satu tempat pariwisata yang ada di Palembang yaitu Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Simak ulasannya berikut ya…

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II merupakan meseum yang menyimpan informasi mengenai sejarah kota Palembang, museum ini terletak ditepi sungai Musi dan berada di kawasan wisata Benteng Kuto Besak. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II memiliki arsitektur bangunan yang unik, karena bangunan museum tersebut merupakan kombinasi dari masa kolonial Belanda dan gaya asli istana Palembang.

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Didalam Museum Sultan Mahmud Badaruddin II ini terdapat kurang lebih 368 koleksi peninggalan sejarah mulai dari koleksi arkeologi, etnografi, biologi, koleksi foto prasasti Kedukan Bukit, patung-patung Buddha kuno dan Amarawati Ganesha, seni dan terutama informasi tentang pengumpulan mata uang (numismatics) hingga studi atau koleksi mata uang. Museum ini juga memiliki berbagai sisa-sisa sejarah lainya yang berasal dari era Kerajaan Sriwijaya.

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Disalah satu bagian dari museum ini terdapat ruangan yang menyajikan koleksi macam macam kain khas budaya Pelambang atau Sumatera Selatan, salah satunya adalah kain Songket. Harga kain ini bisa mencapai juta bahkan ratusan juta rupiah. Wajar saja karena pembuatannya pun memerlukan waktu 3 bulan, serta melibatkan benang emas yang membuat kain songket sedikit lebih berat dan berkilau.

Sekilas Sejarah Bangunan Museum

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II ini pernah menjadi istana Kesultanan Palembang Darussalam. Yang awalnya disebut sebagai Keraton Kuto Kecik atau Keraton Kuto Lamo, bangunan ini dan Masjid Agung Palembang dibangun pada masa Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo atau SMB I. Berbeda dengan bangunan lain dari era yang sama yang masih menggunakan kayu, istana ini telah dibangun dengan batu bata.

Sultan Mahmud Badaruddin II adalah pemimpin kesultanan Palembang-Darussalam selama dua periode, Dalam masa pemerintahannya, ia beberapa kali memimpin pertempuran melawan Inggris dan Belanda, di antaranya yang disebut Perang Menteng. Ketika Sultan Mahmud Badadruddin II berhasil ditangkap dan diasingkan ke Ternate, Belanda menjarah dan menghancurkan bangunan-bangunan di Palembang, termasuk Keraton Kuto Lamo.

Lalu pada tahun 1823, Belanda mulai merekonstruksi reruntuhan bangunan Keraton Kuto Lama, dan dibangun kembali menjadi tempat tinggal komisaris Kerajaan Belanda di Palembang, Yohan Isaac van Sevenhoven. Oleh karena jasa dari Sultan Mahmud Badaruddin II inilah maka namanya diabadikan menjadi nama museum dan juga diabadikan sebagai nama bandara internasional Palembang.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Harga Tiket Masuk

Dewasa : Rp 5.000

Anak anak : Rp 1.000

Wisatawan Asing : Rp 15.000

Jam Buka

Senin-Kamis : buka mulai dari pukul 08.00 – 16.00 WIB

Sabtu-Minggu : buka pukul 09.00-16.00 WIB

Untuk Hari Jumat : Museum ini akan tutup lebih awal yaitu pukul 11.30 WIB

Demikianlah sedikit informasi mengenai Harga Tiket Masuk Wisata Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang yang dapat Admin sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian dan sampai jumpa…..

 

 

 

Harga Tiket Murah, Kumpulan Harga Tiket Termurah

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang | fajri | 4.5